Manfaat Renang Sebagai Olahraga Yang Menyenangkan
February 25, 2013
Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?
February 26, 2013

9 KALIMAT PEMBENARAN TENTANG GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

9 Kalimat Pembenaran Tentang Gaya Hidup Tidak Sehat

Kita semua pasti mempunyai berbagai kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Meskipun kita tahu bahwa aktivitas tersebut tidak baik untuk kesehatan kita, namun sering kali kita tetap akan melakukannya dan mencari pembenaran diri.

Kita semua pasti pernah ditegur oleh orang tua atau teman kita mengenai kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Namun, bukannya kita memperbaikinya, malahan kita mencari pembenaran diri dengan melontarkan setidaknya 9 kalimat pembenaran tentang gaya hidup tidak sehat.

Bagi kita mungkin gaya hidup tersebut sudah melekat dan sulit untuk tidak dilakukan, sehingga kita menganggapnya sebagai suatu aktivitas yang wajar. Misalnya kebiasaan merokok yang banyak dilakukan masyarakat.

Kebanyakan dari mereka pasti pernah ditegur untuk tidak merokok lagi. Misalnya, “jika anda tidak merokok, maka uang yang anda gunakan selama ini pastinya sudah bisa membeli mobil atau barang mewah lainnya”.

Namun, apa yang kita dapati dari percakapan tersebut ? Kebanyakan dari perokok aktif akan membalas “Apakah anda merokok ? Jika tidak, mengapa saya tidak melihat anda membawa mobil mewah ?

Berbagai ilustrasi tersebut sudah sering kali terjadi dan tidak bisa lagi dihindari. Namun, sebenarnya pemikiran seperti itu haruslah diubah karena mengancam kesehatan kita sendiri. Untuk lebih jelas mengenai 9 kalimat pembenaran tentang gaya hidup tidak sehat, simaklah uraian yang berikut ini.

  • Pembenaran mengenai makanan

 

Seperti yang kita ketahui bahwa makan merupakan rutinitas kita sehari-hari, namun sekarang ini tidak sedikit orang yang kita jumpai untuk melewatkan jam makan tertentu. Kebanyakan dari mereka sering kali berkata “Makan pagi dan makan siang itu tidak penting, saya akan makan pada malam hari”.

Sebenarnya, hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan karena beresiko terhadap penyakit obesitas. Selain itu, pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan penyakit pada lambung, misalnya penyakit maag.

  • Pembenaran mengenai kafein

 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kafein tidak baik bagi tubuh kita. Namun, kebanyakan dari kita measih saja mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Mereka yang seperti itu sering kali berkata “Jika saya memerlukan energi, maka saya hanya membutuhkan secangkir kopi”.

Memang benar kafein mampu mempertajam kefokusan, namun jika diandalkan sebagai penambah energi hal tersebut kurang tepat. Kopi hanya penambah energi yang bersifat sederhana. Jika anda ingin penambah energi, sebaiknya anda konsumsi yoghurt rendah lemak atau pisang.

  • Pembenaran mengenai workaholic

 

Sekarang ini, workaholic merupakan salah satu kebiasaan yang sering kali diterapkan. Mereka yang melakukan hal tersebut dengan bangga menyatakan “Saya tidak butuh liburan, saya senang bekerja keras”.

Sebenarnya, bekerja terlalu keras dapat menyebabkan terjadinya depresi dan stress. Oleh karena itu, sangat dianjurkan pada anda untuk menyempatkan diri berlibur bersama keluarga anda.

  • Pembenaran mengenai sunblock

 

Kebanyakan dari mereka sering menganggap bahwa sunblock tidak lah penting. “Saya jarang keluar rumah, jadi saya tidak butuh sunblock”.  Sebenarnya, lampu di dalam ruangan juga mampu merusak kulit kita dan menyebabkan resiko kanker kulit.

  • Pembenaran kolestrol

 

Sering kali penderita kolestrol menyatakan bahwa “ saya sudah minum obat kolestrol, jadi saya boleh makan apa saja”. Sebenarnya, senyawa statin di dalam obat kolestrol hanya akan bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan makanan sehat saja.

  • Pembenaran menopause

 

Bertambahnya berat badan memang akan terjadi pada wanita menopause, namun bukan berarti bahwa anda hanya perlu berdiam diri saja, perbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga.

  • Pembenaran olahraga

 

Banyak yang sering berkata “pekerjaan saya menuntut saya untuk bergerak, sehingga saya tidak perlu lagi berolahraga”. Namun, sebenarnya hal tersebut tidaklah cukup, sehingga anda masih perlu untuk berolahraga.

  • Pembenaran mengenai rokok

 

“ah, sebatang atau dua batang rokok dalam sehari tidak akan berakibat apapun”. Hal ini merupakan pembenaran yang salah, karena sebatang rokok saja bisa mengganggu kesehatan anda.

  • Pembenaran tidur

 

“saya tidak capek, jadi saya tidur sebentar saja”. meskipun tubuh anda merasa tidak lelah, tetap saja dianjurkan setiap harinya untuk tidur sebanyak 7 atau 8 jam.