Apa Itu Kanker dan Bagaimana Pengobatannya
February 25, 2013
4 Posisi Tidur Yang Mempengaruhi Kesehatan dan Kepribadian Anda
February 25, 2013

5 Tips Agar Berlari Terasa Aman dan Menyenangkan

5 Tips Agar Berlari Terasa Aman dan Menyenangkan

Salah satu jenis olahraga yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah berlari. Selain merupakan olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan, aktivitas fisik ini juga mampu mendukung kesehatan tubuh seseorang.

Berlari juga tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda hanya memerlukan sepasang sepatu saja. Hampir semua orang bisa melakukan olahraga ini. Selain itu, olahraga ini juga sering dilakukan oleh mereka yang melakukan program diet.

Memang olahraga ini sangat baik bagi kesehatan kita, hanya saja bila dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Sebaiknya anda jangan asal lari saja, karena jika teknik berlari anda tidak benar, maka hal tersebub bisa mempengaruhi kondisi kaki dan anggota tubuh lainnya.

Oleh karena itu, anda membutuhkan 5 tips agar berlari terasa aman dan menyenangkan. Berlari juga bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli anak-anak atau bahkan manula. Bentuk olahraga fisik ini juga bisa memberikan rasa rileks dan menenangkan pikiran kita sejenak.

Perlu anda ingat juga bahwa olahraga lari ini harus dilakukan secara rutin agar memberikan manfaat bagi tubuh kita. Jika dilakukan hanya sesekali saja, maka manfaatnya tidak akan terasa bagi tubuh kita.

Sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan aktivitas fisik ini paling tidak 15 menit dalam satu hari. Untuk lebih jelas mengenai 5 tips agar berlari terasa aman dan menyenangkan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Hindari lari dengan tumit 

Salah satu dari 5 tips agar berlari terasa aman dan menyenangkan adalah menghindari cara lari dengan menggunakan tumit terlebih dahulu. Jika berjalan membutuhkan tumit sebagai sarana pendaratan, maka perlu anda ketahui bahwa lari tidak seperti itu.

Mereka yang lari dengan menggunakan tumit dan gerakan jari tumit, beresiko untuk mengalami sakit punggung atau lutut. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan jantung kaki agar lari anda tetap terasa nyaman dan terhindar dari berbagai nyeri yang tidak diinginkan.

  • Belilah sepatu yang baik 

Sebagai satu-satunya peralatan yang anda butuhkan dalam melakukan aktivitas fisik ini, alangkah baiknya jika anda menggunakan peralatan yang terbaik. Hal ini karena peralatan yang terbaik akan memberikan hasil yang terbaik pula.

Oleh karena itu, sebaiknya anda membeli sepatu sesuai dengan kebutuhan kaki anda. Terbaik juga bukan berarti bahwa sepatu tersebut harus mahal, namun nyaman untuk dikenakan. Memilih sepatu yang salah bisa menyebabkan resiko cedera kaki.

  • Ambil langkah yang pendek 

Para ahli menyatakan bahwa langkah kaki yang efektif akan menghindari kerusakan pada sendi dan otot. Langkah kaki yang pendek akan mengurangi gerakan pada sendi pergelangan kaki, lutut dan pinggul.

Gerakan yang sedikit pada sendi tersebut akan menjaga bagian tersebut agar tetap berada dalam keadaan yang sehat dan terhindar dari nyeri pada waktu yang lama.

  • Dilakukan secara perlahan 

Salah satu dari 5 tips agar berlari terasa aman dan menyenangkan adalah melakukan aktivitas ini secara perlahan. Akan menjadi suatu masalah apabila anda berlari dengan cepat, namun kemudian memperlambat langkah anda.

Oleh karena itu, dalam melakukan aktivitas ini anda juga diharapkan dapat belajar untuk mengontrol kecepatan lari anda agar tidak terburu-buru, sehingga anda bisa berlari dalam jarak yang lebih jauh lagi. Selain itu, hal ini juga akan membuat aktivitas ini terasa nyaman dan denyut jantung juga dapat terkontrol dengan baik.

  • Menetapkan batas waktu 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas brelari ini, sangat dianjurkan bagi anda untuk menetapkan batas waktu anda. Bukan berarti bahwa berlari hingga anda merasa lelah akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita.

Orang yang berlari dengan batasan waktu tertentu, akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari pada mereka yang tidak menetapkan batas waktu atau berlari hingga lelah. Selain itu, sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk sebentar bentar berhenti walaupun nafas anda masih kuat.

Para ahli menyarankan jarak yang lebih jauh setiap kali berlari, namun dengan batasan waktu yang sama. Inilah sekilas mengenai 5 tips agar berlari terasa aman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat