3 SUPLEMEN PENTING YANG MENINGKATKAN FUNGSI OTAK
February 24, 2013
Apa Itu Kanker dan Bagaimana Pengobatannya
February 25, 2013

16 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

16 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu jenis dari rempah-rempah yang kerap kali digunakan sebagai bumbu masak atau pewarna kuning alami. Kunyit juga merupakan salah satu rempah asli yang berasal dari Asia tenggara.

Kunyit juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu, obat kecantikan dan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hampir setiap orang Indonesia dan India, serta bangsa Asia lainnya pernah mengonsumsi tanman rempah ini.

Tanaman ini juga mulai banyak tersebar ke Negara lain, misalnya Malaysia, Australia dan bahkan Afrika. Kunyit biasanya digunakan pada makanan seperti kari atau gulai dan memberikan warna kuning alami pada berbagai jenis makanan.

Namun, ternyata kunyit juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa setidaknya ada 16 manfaat kunyit bagi kesehatan. Selama berabad-abad, kunyit telah dikenal karena sifat anti inflamasinya.

Selain itu, studi baru juga menyebutkan bahwa kunyit telah terbukti bermanfaat dalam memerangi kanker dan penyakit Alzheimer. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan ditakuti oleh semua orang.

Kanker sendiri juga belum ditemukan obatnya sampai sekarang ini. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah untuk mencegah datangnya penyakit ini. Penyakit Alzheimer sendiri juga merupakan penyakit pada otak yang belum ditemukan obatnya.

Oleh karena itu, selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, ternyata banyak sekali kontribusi kunyit bagi kesehatan kita. Untuk lebih jelas mengenai 16 manfaat kunyit bagi kesehatan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Kandungan kunyit

 

Sebelum beranjak ke manfaat kunyit, ada baiknya bila anda mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam kunyit. Kunyit sendiri mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yang disebut sebagai kurkumanoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1 atau 5% dan berbagai zat bermanfaat lainnya.

Zat tersebut misalnya, minyak atisiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, tumeron sebanyak 60%, zingiberen sebanyak 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung lemak sebanyak 1 atay 3%, karbohidrat sebanyak 3%, protein sebanyak 30%, pati 8%, vitamin C 45 hingga 55%, garam mineral seperti fosfor, zat besi dan kalsium.

  • Manfaat kunyit

 

Banyak sekali manfaat kunyit bagi kesehatan kita, ada 16 manfaat kunyit bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut :

–          Kunyit bermanfaat sebagai antiseptic dan anti bakteri alami yang berguna untuk mengobati luka atau luka bakar

–          Ketika dicampurkan dengan kembang kol, maka kunyit dapat menghentikan pertumbuhan kanker prostat pada pria.

–          Kunyit juga terbukti secara efektif mampu mengobati diare

–          Kunyit juga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan melanoma atau tumor ganas serta membunuh sel-sel melanoma pada tubuh.

–          Kunyit juga bisa mengurangi resiko leukemia

–          Kunyit dikenal sebagai detoksifikasi alami senyawa racun pada hati

–          Kunyit dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan penumpukan lempengan amiloid pada otak

–          Kunyit juga bisa mencegah metastatis atau penyebaran sel kanker dari tempat awal ke tempat lain di dalam tubuh

–          Kunyit merupakan anti inflamasi alami tanpa efek samping, oleh karena itu kunyit sering digunakan untuk mengobati peradangan pada persendian, misalnya arthritis.

–          Kunyit juga dapat memperlambat perkembangan multiple sclerosis atau sklerosis ganda atau kelainan peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang.

–          Kunyit juga sering digunakan oleh masyarakat sebagai penghilang rasa sakit alami

–          Kunyit dapat membantu proses metabolisme lemak dan membantu menjaga berat badan

–          Kunyit merupakan salah satu pengobatan Cina yang dilakukan untuk mengobati depresi

–          Kunyit juga dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor

–          Kunyit juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan membantu memperbaiki kulit yang rusak.

–          Kunyit juga dikenal dapat membantu pengobatan psoriaris atau penyakit autoimun yang mengenai bagina kulit. Selain itu, kunyit juga dapat mengobati kulit yang sedang mengalami peradangan.

Wah, banyak sekali bukan manfaat kunyit ? Inilah sekilas mengenai 16 manfaat kunyit bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat