Khasiat Bawang Merah Tak Kalah Dengan Bawang Putih
February 18, 2013
Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut
February 19, 2013

11 Alasan Untuk Mengonsumsi Buah Delima

11 Alasan Untuk Mengonsumsi Buah Delima

Buah delima tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Buah ini snagat mudah untuk ditemui di setiap tempat. Namun, tampaknya buah ini tidak sepopuler buah lain, seperti jeruk, apel, pisang ataupun buah lainnya.

Buah yang satu ini masih jarang kita konsumsi sebagai makanan sehari-hari. Mengapa demikian ? Apakah dari segi rasa buah delima tidak mampu bersaing dengan buah lainnya ? Tentu saja tidak. Buah delima juga tidak kalah lezat dengan buah lainnya.

Buah delima ini biasanya dikonsumsi sebagai salad buah, rujak, jus atau bahkan dikonsumsi secara langsung. Perlu anda ketahui ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dari mengonsumsi buah delima.

Setidaknya ada 11 alasan untuk mengonsumsi buah delima. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai 11 alasan untuk mengonsumsi buah delima, simaklah uraian yang berikut ini.

  • Anti aging

 

Buah delima termasuk salah satu buah yang bisa mencegah penuaan pada wajah dan kulit. Hal ini karena buah delima mengandung anti oksidan yang tinggi dan bahkan bisa dikatakan berlimpah. Buah delima juga merupakan salah satu buah dengan skala tertinggi sebagai penyerap radikal bebas.

  • Melindungi ginjal

 

Berbagai penelitian baru menyatakan bahwa buah delima merupakan salah satu buah yang bisa mencegah terjadinya kerusakan ginjal dan bahkan bisa melindungi ginjal dari berbagai racun yang berbahaya.

 

Beberapa penelitian baru yang diterbitkan  dalam jurnal Toxicology dan Industrial Health, ditunjukkan bahwa buah delima mampu melindungi hati dan bahkan bisa memperbaiki kerusakan pada hati.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

 

Sari atau buah delima telah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

  • Anti alergi

 

Buah delima juga kaya akan polifenol yang mampu mengurangi proses biokimia yang sering dikaitkan dengan alergi.

  • Mencegah serangan jantung

 

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kematian seketika. Serangan jantung juga dinobatkan sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Namun, ternyata buah delima dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah delima mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk mensintesis kolestrol dan menghancurkan berbagai radikal bebas di dalam sistem vascular.

  • Melawan kanker

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Translational Oncology menunjukkan bahwa jus dan sari buah delima dapat membunuh sel kanker di dalam tubuh. Salah satunya adalah kanker payudara. Para ilmuwan di University of California menyimpulkan bahwa sari delima cukup efektif untuk mencegah perkembangan kanker payudara.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada British journal Dermatology menunjukkan bahwa pengonsumsian buah delima dapat berpengaruh pada penurunan perkembangan dua jenis kanker kulit, yakni sel basal karsinoma dan sel skuasoma karsinoma.

  • Perlindungan DNA

 

Salah satu dari 11 alasan untuk mengonsumsi buah delima adalah dapat memberikan perlindungan pada DNA. Kandungan anti oksidan yang melimpah dalam buah delima juga bisa melindungi komponen genetika dalam tubuh.

  • Menormalkan tekanan darah

 

Sari delima juga telah terbukti secara efektif mampu mencegah meningkatnya tekanan darah tinggi yang terkait dengan makanan berlemak. Hal ini telah diuji secara klinis oleh Plants and Food for Human Nutrition Journal.

  • Mengatur sindrom resistansi insulin

 

Penelitian yang dipubilkasikan oleh jurnal Food and Function menunjukkan bahwa buah delima juga mampu membantu pengaturan gula di dalam darah. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan dan faktor lain yang berhubungan dengan resistansi insulin yang terkait dengan diabetes dan obesitas.

Selain itu, bagi anda yang sedang berdiet atau ingin menurunkan berat badan, anda juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah delima ini, karena sudah terbukti secara efektif.

  • Meningkatkan efektivitas obat

 

Salah satu dari 11 alasan untuk mengonsumsi buah delima adalah buah ini dapat membuat obat bekerja lebih baik di dalam tubuh. Buah ini dapat melawan bakteri gram negatif yang merupakan bakteri yang bisa mengurangi daya kerja pada obat.