MAKANAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI OLEH PENGGUNA KAWAT GIGI
February 22, 2013
9 Manfaat Madu Bagi Tubuh
February 24, 2013

10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Timun tentunya bukan lagi hal baru bagi kita semua. Sayur ini sering kali disajikan sebagai makanan sampingan dari makanan lain, misalnya nasi uduk, nasi goreng ataupun makanan yang dibakar.

Mungkin sebagian besar dari kita masih menganggap keberadaan timun tersebut sebagai hiasan saja, namun sebenarnya tidak begitu. Banyak sekali manfaat sayuran ini untuk tubuh kita. Setidaknya ada 10 manfaat timun bagi kesehatan kita.

Tanaman timun juga merupakan sayuran nomor 4 yang paling sering dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, timun bukan hal yang baru atau langka.

Kita kerap menjumpai timun di dalam gado-gado ataupun makanan lainnya. Sayur ini juga sering kali dijus dan diminum. Selain rasanya yang segar, jus timun juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Untuk lebih jelas mengenai 10 manfaat timun bagi kesehatan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sumber vitamin B

 

Sayuran timun mengandung vitamin B yang melimpah. Vitamin B dikenal sebagai vitamin yang dapat memberikan rasa relaks pada tubuh anda dan menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

  • Mencegah terjadinya dehidrasi tubuh

 

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan. Untuk mencegah terjadinya hal ini, timun merupakan solusi yang tepat. Mengapa ? Hal ini karena 95% dari timun mengandung air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghilangkan racun.

Timun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian seseorang. selain dagingnya, kulit timun juga kaya akan vitamin C.

  • Perawatan kulit, wajah dan rambut

 

Hal ini pastinya bukan hal baru lagi. Kita sering kali melihat timun dijadikan sebagai masker mata atau wajah. Dengan melakukan hal tersebut, dipercaya dapat menambah kecantikan kulit. Selain itu, timun juga sering digunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar.

Jika mata anda mengalami pembengkakan, letakkan sepotong timun di atasnya, maka bisa mengurangi pembengkakan. Di samping itu, silicon dan sulfur di dalam timun juga sangat baik bagi pertumbuhan rambut.

  • Melawan kanker

 

Timun mengandung senyawa lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol. Ketiga senyawa ini berdasarkan penelitian merupakan senyawa yang dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.

  • Perawatan rumah

 

Selain dimakan, timun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kabut atau embun yang ada di cermin. Gosokkan sepotong timun di area timun tersebut, maka kabut akan hilang. Selain itu, gosokkan timun di sepanjang engsel pintu, maka suara berdecit akan berhenti.

  • Meredakan bau mulut

 

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan bau mulut, anda bisa memanfaatkan timun untuk meredakan masalah tersebut. Caranya adalah dengan menekan sepotong timun ke langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik, maka bau mulut akan hilang.

  • Menghindari morning sickness

 

Untuk menghindari terjadinya morning sickness dan sakit kepala di pagi hari, makanlah beberapa iris timun sebelum anda tidur. Timun mengandung gula yang cukup, vitamin B, elektrolit yang bisa mengurangi intensitas sakit kepala.

  • Menurunkan berat badan dan masalah pencernaan

 

Timun termasuk sayur yang rendah kalori dan mengandung air yang tinggi. Oleh karena itulah, timun sangat ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya atau berdiet. Selain itu, kandungan ait dan serat yang tinggi juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

  • Diabetes, kolestrol dan hipertensi

 

Jus timun mengandung senyawa yang dapat merangsang insulin untuk berproduksi, sehingga dapat meminimalisir resiko diabetes. Namun ternyata, senyawa tersebut juga mampu mengurangi kolestrol.

Timun juga mengandung magnesium, kalium dan serat yang daapt mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan sendi

 

Salah satu dari 10 manfaat timun bagi kesehatan adalah meningkatkan kesehatan sendi. Timun mengandung silica yang bisa memperkuat jaringan ikat. Di samping itu, timun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C, D, folat, kalsium, magnesium, dan kalium.

Inilah sekilas mengenai 10 manfaat timun bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat